Aisyah, Istirahatlah Kata-Kata Dan AADC? 2 Borong Usmar Ismalil Awards 2017

Aisyah, Istirahatlah Kata-Kata Dan AADC? 2 Borong Usmar Ismalil Awards 2017

325
SHARE

“Terima kasih untuk Wiji Thukul dimanapun kamu berada. Kamu tetap ada dan berlipat ganda”.

Oleh: Daniel Irawan

Melewati proses seleksi dan penjurian dari 140 film yang dirilis di bioskop dalam batas waktu 3 Maret 2016 hingga 23 Maret 2017, malam puncak ‘Usmar Ismail Awards (UIA) 2017’ telah digelar Sabtu, 29 April lalu di Balai Kartini, Jakarta. Film ‘Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara’, produksi Film One Productions dan disutradarai Herwin Novianto, juga pemenang film terbaik Piala Maya 2016 Desember lalu, meraih penghargaan tertinggi UIA mengalahkan dua pesaingnya, ‘Cek Toko Sebelah’, film komedi karya Ernest Prakasa dan ‘Istirahatlah Kata-Kata’, biopik indie – arthouse Wiji Thukul karya Yosep Anggi Noen.

Istirahatlah-Kata-Kata

Bekerjasama dengan salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan seluruh acaranya secara live, UIA yang digagas oleh Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail dan baru memasuki tahun kedua penyelenggaraannya ini menjadi salah satu ajang penghargaan film yang berbeda atas keberadaan seluruh dewan juri yang merupakan jurnalis film nasional, menyerupai Golden Globe Awards di AS. Seperti dilansir lewat tulisan pengantar dari Irwan Usmar Ismail selaku Ketua Badan Pengurus Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, masyarakat film dan masyarakat pers dalam sejarah perfilman nasional adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Sosok Usmar Ismail yang juga dikenal sebagai insan pers perfilman nasional melatarbelakangi konsep dewan juri UIA dari profesi ini.

UIA tahun ini bahkan melibatkan lebih banyak lagi jurnalis yang berkecimpung di dunia film sebagai juri akhir termasuk Ekky Imanjaya yang tengah menyelesaikan studi S3-nya di Eropa. Komposisinya sendiri terdiri atas tim perumus diketuai wartawan senior Wina Armada dan beranggotakan Benny Benke (Suara Merdeka), Bambang Sulistyo (Majalah Gatra), Dimas Supriyanto (Pos Kota), Hardo Sukoco (Tabloid Bintang Film), Shinta Setiawan (idfilmcritics.com) dan Frans Sartono (Kompas).

Dewan Juri UIA 2017

Setelah itu ada juri penilai awal yang menyaring keseluruhan 140 film nasional tadi; diketuai oleh wartawan/kritikus senior Yan Widjaya (Info Film); beranggotakan Shandy Gasella (detik.com), Bobby Batara (All Film), Baby Simanjuntak (The Jakarta Post), Deni Derry (21 Cineplex), dr. Daniel Irawan (Waspada & kinescopemagz.com) dan Adisoerya Abdi selaku Ketua Panitia Pengarah UIA.

UIA Sheryl Sheinafia
Sheryl Sheinafia di UIA 2017

Dibuka oleh Cakra Khan yang meniru performa Justin Timberlake di ajang Oscar membawakan theme song film daur ulang ‘Galih dan Ratna’ karya Guruh Soekarno Putra, acara yang dipandu oleh Andhika Pratama dan Sandra Dewi itu juga diisi oleh musisi-musisi tanah air seperti Kris Dayanti, Rossa, Afgan, Once Mekel, Wizzy, Maruli Tampubolon, Iis Dahlia & Beniqno, Melly Goeslaw & Marthino Lio serta Sheryl Sheinafia. Membawakan sebagian besar lagu-lagu original soundtrack film Indonesia, total durasi perhelatannya mencapai hampir 4 jam.

UIA
Kris Dayanti di UIA 2017

Sementara para pembaca 13 unsur penghargaan dengan masing-masing tiga nominasi menampilkan aktor-aktris lintas generasi dari Yuki Kato, Rianti Cartwright, Laura Basuki, Marsha Timothy, Rio Dewanto hingga reuni Rano Karno – Widyawati dari film ‘Arini, Masih ada Kereta yang akan Lewat’, di antaranya. Selain 13 unsur penghargaan tersebut, UIA 2017 juga mempersembahkan penghargaan khusus untuk film ‘Pantja Sila: Cita-Cita dan Realita’ serta Lifetime Achievement Award kepada jurnalis film senior J.B. Kristanto, atas jasa-jasa dan kontribusinya terhadap pendokumentasian dan pengarsipan film Indonesia.

UIA Rano Karno Widyawati
Rano Karno dan Widyawati di UIA 2017

Ditambahkan oleh Wina Armada selaku Ketua Tim Perumus sekaligus Ketua Dewan Juri Akhir UIA 2017, penghargaan khusus terhadap film ‘Pantja Sila’ diberikan atas nilai-nilai luhur kebangsaan yang terkandung dalam karya tak biasa yang selain mengangkat sejarah bangsa dalam bentuk sinema juga sarat akan idealisme. Tampil menerima penghargaan tersebut langsung ke atas panggung UIA 2017 adalah aktor/sutradara Tio Pakusadewo dan produser/sutradara Tino Saroengallo.

UIA Tio Pakusadewo Tino Saroengallo
Tio Pakusadewo dan Tino Saroengallo di UIA 2017

Yang dianggap menjadi kejutan oleh sebagian orang dalam penyelenggaraan UIA 2017 tahun ini adalah kemenangan aktor Gunawan Maryanto serta sutradara Yosep Anggi Noen dari film ‘Istirahatlah Kata-Kata (Solo, Solitude)’. Sebagai sebuah film indie – arthouse tentang masa-masa akhir pelarian penyair/aktivis Wiji Thukul yang dirilis di jumlah layar terbatas beberapa bulan lalu, ‘Istirahatlah Kata-Kata’ banyak luput dari perhatian pemirsa film Indonesia.

 

Berikut adalah daftar lengkap pemenang UIA 2017:

Film Terbaik                            : Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara

Sutradara Terbaik                    : Yosep Anggi Noen (Istirahatlah Kata-Kata)

Aktor Terbaik                          : Gunawan Maryanto (Istirahatlah Kata-Kata)

Aktris Terbaik                         : Cut Mini (Athirah)

Aktor Pendukung Terbaik      : Arie Kriting (Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara)

Aktris Pendukung Terbaik      : Lydia Kandou (Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara)

Penulis Skenario Terbaik         : Jujur Prananto (Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara)

Penata Kamera Terbaik           : Faozan Rizal (Salawaku)

Penyunting Gambar Terbaik  : W. Ichwan Diardono (AADC? 2)

Penata Artistik Terbaik           : Eros Eflin (Athirah)

Penata Suara Terbaik              : Khikmawan Santosa, Satrio Budiono, Chris David (Rudy Habibie)

Penata Musik Terbaik             : Melly Goeslaw & Anto Hoed (AADC? 2)

Penggubah Lagu Terbaik        : Melly Goeslaw & Anto Hoed (AADC? 2)

Penghargaan Khusus Dewan Juri : Pantja Sila: Cita-Cita dan Realita

Lifetime Achievement Award: JB Kristanto

Film Favorit Pilihan Pemirsa  : My Stupid Boss

Aktor Favorit Pilihan Pemirsa : Reza Rahadian (My Stupid Boss)

Aktris Favorit Pilihan Pemirsa: Bunga Citra Lestari (My Stupid Boss)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY