Album Diminati Publik, Adhitia Sofyan Kembali Gelar Tur Di Jepang

Album Diminati Publik, Adhitia Sofyan Kembali Gelar Tur Di Jepang

394
SHARE

Sekali lagi, Adhitia Sofyan kembali ke Jepang untuk menggelar tur keduanya pada bulan September 2016 ini. Sebelumnya, solois berjuluk “Musisi Kamar” tersebut pernah merampungkan tur pertamanya pada tahun 2011 di negara dan bulan yang sama. Cikal bakal keberhasilan Adhitia Sofyan menggelar tur di Jepang hingga dua kali bukan hanya usahanya seorang diri melainkan juga campur tangan dari sebuah toko vinyl kecil bernama Desinee milik Masao Murayama di Kota Kobe yang menghubunginya tahun 2010.

“Pada awalnya mereka  mengirimkan emailke saya untuk mengirimkan 20 keping CD dari album pertama agar bisa dijual ke Jepang. Lalu saya kirim 30 CD, saya mengirimnya sendiri. Tidak lama Kemudian mereka meminta untuk dikirimkan 300 CD. Setelah itu saya langsung meminta bantuan Demajors untuk mengirimkan. Setelah ada pesanan ulang lagi, Pak David menyarankan untuk memberikan master license agar bisa diproduksi sendiri di sana,” cerita Adhitia.

Barulah pada tahun 2011, dilatarbelakangi dari pengakuan pihak Desinee bahwa banyak orang meminati musiknya di Jepang, maka ia menyanggupi sebuah tawaran untuk mengadakan tur promo album di 5 titik kota yang berbeda, diantaranya: Tokyo, Kobe, Fukuoka, dan Kamakura.

Adhitia Sofyan sempat kembali ke Jepang untuk tampil di depan penggemarnya pada tahun 2015, namun hanya bersifat mini showcase karena hanya diadakan di satu lokasi bernama Weekend Garage Tokyo, dan menjadi awal dari akan digelarnya tur kedua.

“Sebetulnya saya kembali ke Jepang pada saat itu dalam rangka liburan bersama anak istri, dan ketika saya menghubungi Masao akan kembali ke Jepang, dia langsung mencari venue untuk saya bermain. Dapatlah di Weekend Garage Tokyo. Setelah acara itu selesai, dengan nada bercanda saya menanyakan bagaimana jika diadakan tur kedua kepada Masao, Masao hanya menjawab itu memungkinkan tapi ia sangat sibuk saat itu,” kenang Adhitia.

Sepulangnya dari Tokyo, tanpa benar-benar mengharapkan apapun dari percakapan sebelumnya, beberapa bulan lalu akhirnya Desinee kembali mengajak untuk menggelar tur kedua. Kali ini tidak hanya di 5 titik, melainkan 10 titik dan hampir diadakan setiap hari.

Pada tur keduanya nanti, Adhitia Sofyan akan membawakan sekitar 13 lagu di setiap gig yang ia mainkan. Beberapa lagu diantaranya memang merupakan titipan dari Masao. “Lagu-lagu titipan ini adalah lagu-lagu yang laku dan disukai di Jepang,” pungkasnya. Uniknya, lagu andalannya di Indonesia seperti “Blue Sky Collapse” diakuinya tidak masuk dalam daftar titipan, melainkan lagu “Memilihmu” yang notabene memilki lirik bahasa Indonesia.

”Tidak ada persiapan yang spesial dalam pembawaan lagu-lagu di Jepang nanti karena memang saya akan bermain di tempat-tempat baru. Jadi saya ingin menjadi diri sendiri dalam membawakan lagu-lagu saya. Dan harapan saya adalah agar ini semua menjadi sebuah penilaian untuk industri musik dan masyarakat bahwa Adhitia Sofyan masih eksis. Bukan hanya setelah dari Jepang ini saja, kedepannya juga saya harus menjaga eksistensi ini,” jelasnya ketika ditanya persiapan dan harapan turnya di Jepang ini.

Untuk mengetahui jadwal tur secara lengkap dapat dilihat di www.adhitiasofyan.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY