BALINALE 2015: “Face of Diversity”, Kuta 24-30 September 2015

BALINALE 2015: “Face of Diversity”, Kuta 24-30 September 2015

1622
SHARE
Logo resmi BALINALE 2015

Bali International Film Festival atau Balinale kembali digelar untuk kesembilan kalinya, yakni mulai 24 hingga 30 September 2015. Dengan mengangkat tema Face of Diversity, festival ini akan menampilkan film-film yang menggambarkan dan memaparkan tentang perbedaan, kekayaan dan keberagaman manusia, tempat, budaya, dan keyakinan. Festival yang pertama kali digelar pada 2007 itu dipusatkan di tempat baru, yakni di Bioskop Cinemaxx terbaru yang terletak di Lippo Mall Kuta, kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Festival tahun ini akan menampilkan 100 film dari 26 negara dengan banyak dihadiri para film makers. Jumlah film terpilih untuk tahun ini lebih banyak daripada tahun 2014 lalu, yaitu sebanyak 60 film. Balinale tahun ini menerima banyak film-film yang sangat bagus yang sebetulnya mennjadi tantangan dan kesulitan tersendiri dalam melakukan seleksi.

Kegiatan lain dalam festival ini termasuk, Forbes Indonesia yang mengadakan ‘ForbesLife’ yaitu kegiatan diskusi Forum Balinale untuk Industri Film bersama dengan para praktisi dan pembuat film, yang membahas tentang bagaimana meningkatkan potensi industri film di Indonesia, lokasi syuting di Indonesia dan insentifnya, Pembinaan bakat-bakat muda, serta topik menarik lainnya seperti promosi konten kreatif & perlindungannya.

Dalam forum diskusi tersebut akan menghadirkan para pembicara, seperti Yoon Je-kyoon, Sutradara film Ode To My Father dan Tae-sung Jeong, (CEO CJ Entertainment & Produser), Mr. Gen Sato, produser film Round Trip Hati, Gueros Alonso Ruiz Palacios (sutradara) & Ilse Salas (Aktris). Selain itu ada juga Richard Todd, sutradara film Frackman, dan Bambang Supriadi, DOP & dosen di Institut Kesenian Jakarta.

Tahun lalu festival ini telah memutar 60 film dari berbagai negara di dunia, baik film panjang, pendek, fiksi, maupun dokumenter. Di antaranya juga terdapat film-film nasional dan internasional yang untuk pertama kalinya diputar untuk umum (premiere).

Secara khusus untuk tahun ini, Balinale akan kembali mengadakan segmen American Film Showcase (AFS), bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Dalam AFS, akan diadakan pemutaran film-film pilihan dari AS, sekaligus didatangkan para filmmaker terkait.

Sementara untuk menarik minat publik, penyelanggara juga menghadirkan acara nonton film dalam bentuk layar tancap. Program yang mulai diluncurkan tahun lalu ini ditujukan sebagai bagian penting dari komitmen Festival kepada masyarakat, yaitu salah satu kegiatan pemutaran film bagi anak-anak dan bagian dari Program Pendidikan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY