Bioskop Keliling Di Kopi Keliling Arts & Coffee Festival 2015

Bioskop Keliling Di Kopi Keliling Arts & Coffee Festival 2015

1623
SHARE

Halo semuanya! Nggak terasa sudah setahun berlalu sejak Kopi Keliling mengadakan Arts & Coffee Festival (KACF) yang pertama di tahun 2014. Menyambut akhir tahun 2015, Kopling akan kembali menggelar acara tahunan terbesar (di skala Kopling setidaknya, hehe) ini melalui KACF 2015! Acara KACF 2015 akan diadakan selama 2 hari, Sabtu – Minggu, 28-29 November 2015 di Kuningan City, Jl Prof Dr Satrio Kav 18, Jakarta Selatan. Mengambil 3 area berbeda di 3 lantai dari Kuningan City, KACF 2015 diharapkan mampu menjadi ajang pertemuan seru antara beragam pelaku seni dan industri kreatif ke masyarakat luas!

KACF 2015

KACF sendiri merupakan acara gabungan dari beragam program yang dilakukan Kopi Keliling selama satu tahun ke belakang. Penggabungan itu sendiri kemudian menciptakan core value dari program akhir tahun ini yaitu, Kolaborasi! Mengapa demikian? Karena berdasarkan pengalaman Kopi Keliling selama kurang lebih 5 tahun berkegiatan, untuk mencapai apresiasi yang sesungguhnya terhadap seni/ilustrasi ini membutuhkan kerjasama dari beragam pihak, beragam golongan masyarakat, hingga beragam minat atau bahkan profesi. Namun terkadang perbedaan yang terkandung dalam keragaman ini malah sering menjadi penghalang untuk sebuah kolaborasi terjadi.

Maka dari itu Kopling mengambil tema DIVERSE sebagai payung besar komunikasi KACF 2015. Berkolaborasi dengan beragam individu, kelompok/komunitas, dan lain sebagainya, KACF akan menampilkan karya-karya terbaik mereka melalui program-program sebagai berikut:

DIVERSE EXHIBITION

Yang pertama, tentunya menjadi core dari setiap kegiatan Kopling, adalah pameran karya seni/ilustrasi. Sedikit berbeda dari program pameran Kopi Keliling sebelumnya, kali ini Kopling berkolaborasi dengan 7 kelompok seniman/ilustrator dari 3 kota di Indonesia, akan bereksperimen dalam bentuk karya instalasi! Di mana setiap kelompok akan merespon setiap huruf dari kata DIVERSE untuk menjadi sub tema mereka masing-masing.

D for DO A STORE by Muchlis Fachri x Saudara Jauh Art Initative (Mustafa Kamal Syahputra, Riezky Putra & Sarah Fidiyanti)
I for INCLUSION by Heimlo Studio
V for VISIT by Rukmunal Hakim x Kuteken Print Shop
E for EQUAL by Octo Cornelius
R for RUMAH by Diela Maharanie x Prasajadi Heru Lastiko & Nady Azhry
S – for SELEBRASI by KAR (Tania Kardin & Diedra Kanya) x Atelir TE (Emeraldi Kumastyo Paramaeswara &Fitri Meilani Syamsun)
E – for EKSEMPLAR by Grafis Huru Hara

CATALYST ART MARKET

Kedua, berkolaborasi dengan Catalyst Arts, Kopi Keliling akan menghadirkan program Catalyst Art Market yang ke-5. Akan ada lebih dari 60 seniman/ilustrator dan creative brands di acara ini yang akan menyajikan beragam original artworksart prints, dan art merchandise yang pastinya keren-keren! Jadi, pastikan kamu mulai irit-irit dari sekarang, hehehe. Berikut line-upnya:

ARTIST & ILLUSTRATORS: Abusedmember – Aditya Pratama – Angela Dios – Arief Witjaksana – Arya Mularama – Atreyu Moniaga – Bagus Priyo (BAGONG) – Bea Ariani Putri – Chike Tania – Citra Marina – Derau – Ultramanminmun – Dini Kartika – Galih Sakti – Ginobeeyoo – Gustin Chandra (UTIN) – Hardilim – Hari Prast – Hey Hello – MNNT – Ivanna Cerelia – Jemari – Lidia Puspita – Liunic – Ugagoo – Maskrib – MK Dandi – Nugraha Pratama – Nadira Julia – Nengiren – Nita Amelia Junus – Obie – Patrice Ganda – Ravi Manthovani – Renata Owen – Resatio Adi Putra – Rizki Katamsi – Wickana Laksmi Dewi – Stephanie Priscilla – Roompoetliar – Sandy Lee – Sarah Sofia   CREATIVE BRANDS: Suddenly – bits & bobs – 3/4 Art Tomodachi Studio – Sejenak Collective Brand – Wonder Inc – Kirain Studio – Heimlo – Red Oak – Kamalika Artprints – KAR – Nerdmob Inc – Bollu – Nrsimha – By Fika Julia – Junk Not Dead – Cemprut Indie Kraft – YASH CREATIVE  FOOD AND BEVERAGE BRANDS: Hubble Scoop Creamery – KelinciTertidur – Cloud Nine Cakery – Eggknock – Suntiang – Coffee On Wheels.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di sini: bit.ly/camvol5

POSTER-General+media-700px-2ARTS & CREATIVE WORKSHOPS

Ketiga, masih dengan Catalyst Arts, Kopling juga akan menghadirkan beragam workshop seru dari pemateri-pemateri handal yang bisa kamu ikuti!

Collage with Resatio Adi putra – 50 SHADES OF CLAY with Argya Dhyaksa – Basic Script Lettering with Kaligrafina – Leather Wallet with Nermobgoods – Shibori with Eva Joewono – Coptic Bookbinding with Mei Suling – Screenprinting with Mola Goods – Marbling with Yonaz K Sanjonas – Watercolour Food Illustration with WeWo – Watercolour with Varsam Kurnia – Pop Your Penguins Up with Sandy Lee – Origami with Tommy Chandra.

Untuk mendaftar kamu bisa lakukan via link berikut: maubelajarapa.com/catalystart.

CAFFEINE CITY

Keempat. Apalah artinya acara Kopi Keliling tanpa kehadiran Kopi itu sendiri. Caffeine City! Sebuah presentasi yang dipersiapkan oleh Coffee On Wheels untuk menampilkan beragam jenis pelaku di industri kopi. Mulai dari roaster, coffee shop, hingga toko retail alat dan merchandise kopi. Jadi, buat kamu pencinta kopi di luar sana, ajak teman-teman kamu untuk ikutn mencicipi ragam kopi, baik house blend maupun single origin, panas atau dingin, you name it! Siapa saja yang akan menampilkan kopi mereka? Nantikan informasi lebih lanjutnya dalam waktu dekat.

Supaya nggak ketinggalan berita lanjutan tentang Caffeine City, silahkan follow akun Twitter: @coffee_onwheels dan Instagram: coffeeonwheels.

TABIK!

Kelima, sebuah acara rasanya nggak lengkap kalau nggak ada musiknya. Tenang… Di KACF 2015 ini @SRMbands akan kembali mengisi panggung musik dengan menyajikan band-band andalannya mereka dalam acara Tabik! Volume 7.

Gizpel – Low Pink – Peonies – Feast – Heals – The Fox and The Thieves – Life Cicla – Littlelute.

Jadi, so far kamu sudah lihat pameran, belanja karya-karya keren, ikutan workshop dan nyicipin kopi-kopi nikmat, sambil dibalut dengan alunan musik ciamik. Menurut kamu itu sudah cukup? Tentu saja belum. Karena masih ada …

PUPPET SHOW

Yak! Pertunjukan boneka. Memang sih, program ini ditujukan untuk adik-adik yang masih kecil. Cuma bukan berarti kamu nggak bisa ikutan. Maka dari itu, ajak keluarga kamu, adik kamu, adiknya pacar, adiknya gebetan, adik teman, adik tetangga, ponakan, ponakan sendiri, ponakan orang, bebas siapa aja, untuk hadir juga di KACF2015.

Khusus program ke-6 ini tentu saja Kopling tidak sembarangan, karena kan otak adik-adik kecil sedang dalam proses penyerapan tertingginya. Maka dari itu Kopling berkolaborasi dengan 2 pakar, yang memang selama ini spesifik berkutat di bidang pendidikan sekaligus hiburan untuk anak-anak. Mereka adalah teman-teman dari Puppetaria dan Rabbit Hole ID.

Masing-masing kelompok akan mengisi 4 sesi yang terbagi dalam 2 hari KACF 2015. Info lengkap tentang jadwal pertunjukan boneka dan pembacaan cerita anak bisa kamu lihat di sini.

BIOSKOP KELILING

Untuk program ke-7, Kopi Keliling menggandeng adik sendiri Bioskop Keliling. Mengambil tema #PiknikPerayaanRasa (merespon tema utama DIVERSE tentunya), @BIOSKOPling akan menghadirkan beragam film pendek dari beragam filmmaker lokal lewat beragam genre dan jalan cerita, sambil piknik ceria! Kegiatan pemutaran film ini adalah pemutaran film ke-5 bagi Bioskop Keliling.

Short Film Screening Day 1Jadwal 1 

Short Film Screening Day 2Jadwal 2

PROYEK (MASIH) RAHASIA

Terakhir, masih menjadi kejutan terakhir dari KACF2015, khususnya buat kamu para seniman dan ilustrator. Pastikan kamu mulai mempersiapkan karya-karya lama kamu, dipilih pilih mana yang paling terbaik, sambil menantikan kabar selanjutnya dari Kopi Keliling, hehehe. #waspadalah.

Ini baru gambaran besarnya. Informasi lebih mendetail akan Kopling bagikan secara bertahap di website maupun media sosial. Jadi, jangan lupa untuk selalu cek website Kopling dan follow akun Twitter: @KopiKeliling  dan Instagram: KopiKeliling ya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY