Brawijaya Movie Exhibition Vol. #4: Ajang Apresiasi Film Sebagai Wadah Eksplorasi Dan...

Brawijaya Movie Exhibition Vol. #4: Ajang Apresiasi Film Sebagai Wadah Eksplorasi Dan Silaturahmi

86
SHARE

Brawijaya Movie Exhibition (BME) merupakan Festival Film yang diselenggarakan oleh Societo Sineklub dan telah hadir sebanyak tiga kali pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Pada tahun pertamanya lingkup BME hanya pada Universitas Brawijaya, terus berkembang sehingga di tahun kedua dan ketiga lingkupnya nasional.

Untuk puncak acara BME #4 tahun 2017 ini akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Gajayana Malang, pada tanggal 5 hingga 7 Oktober 2017. Kegiatan selama 3 hari tersebut akan diisi dengan diskusi dan pemutaran film-film, diskusi dan bedah buku, diskusi dan pemutaran film tematik dan khusus, serta Temu Komunitas. Tak kurang aktivis pemerhati sinema Indonesia seperti Adrian Jonathan, Dimas Jayasrana akan ikut serta dalam kegiatan ini. Lalu ada  filmmaker ternama seperti Ifa Ifansyah dan Garin Nugroho yang juga direncakana akan hadir dan berdiskusi dengan publik pada acara ini. Ada juga bedah buku berjudul Krisis dan Paradoks Film Indonesia bersama Dyna Herlina Suwanto, menambah semarak kegiatan BME Vol. #4 tahun ini.

Program utamanya yaitu pemutaran utama kuratorial untuk film fiksi pelajar dan mahasiswa. Selain mengapresiasi film fiksi pelajar dan mahasiswa se Indonesia, BME juga menyajikan program literasi seperti Talkshow dan diskusi. BME konsisten untuk menjadi ruang edukasi dan bertukar wacana di kancah perfilman. Roadshow Brawijaya Movie Exhibition akan kami adakan di 8 titik tempat di Sekolah dan Universitas di Malang raya.

Perkembangan dan perubahan akan selalu dijumpai pada kehidupan sosial, yang mana masyarakat bersifat dinamis. khususnya pada era ini ketika arus informasi berkembang pesat sehingga perubahan yang hadir dibawanya tidak lagi lambat. Seakan ada gelombang tsunami yang menghempaskan semua masyarakat terkecuali untuk berkembang.

Kita sebagai manusia yang turut serta didalamnya bisa mengambil lanhkah untuk menjadi bagian dari dinamikanya. dinamika yang bersifat sistematik dan mengakar, yang mana interaksi kita pada hal tersebut beragam. Dekatnya dinamika yang terjadi ini hanya menuntut kita untuk mau menyadari atau tidak, membawa atau tidaknya kepada medium eksplorasi favorit kita yaitu film.

Menyadari perbedaan interaksi yang kita alami terhadap dinamika tersebut, tentang bagaimana kita sebagai manusia berinteraksi pada dinamika kota, BME volume keempat ini hadir menyajikan film-film yang dapat menggali potensi interaksi tersebut pada lingkupnya masing-masing. selain itu kita bisa berjumpa dengan kawan baru. Semoga dengan BME 2017 kita dapat berkumpul dan pulang membawa oleh-oleh untuk dibagikan di tempat asal.

Societo Sineklub merupakan sebuah Lembaga Semi Otonom (LSO) di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Brawijaya (FISIP-UB). Berdiri pada 2006, Societo Sineklub bertujuan menjadi wadah untuk menyalurkan minat-bakat mahasiswa FISIP UB di bidang perfilman. Dari 2006 sampai 2011, Societo Sineklub sibuk dengan program-program produksi film pendek dan beberapa pemutaran untuk meluncurkan film-film produksi tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY