Crosscut Asia #06 Tokyo International Film Festival Akan Hadirkan Film-Film Supernatural

Crosscut Asia #06 Tokyo International Film Festival Akan Hadirkan Film-Film Supernatural

39
SHARE
The Halt (courtesy of Tokyo International Film Festival)

Tokyo International Film Festival (TIFF) baru saja mengumumkan tema program Crosscut Asia ke-6 di edisi ke-32 festivalnya tahun ini. Dinamakan Fantastic Southeast Asia, segmen yang menyorot karakteristik regional masing-masing negara Asia Tenggara ini akan memilih sejumlah film bertema supernatural untuk mengisi line up-nya. Berfokus ke film-film genre dari thriller ke horor romantis, segmen Crosscut Asia #06 akan digelar di TIFF mendatang.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Crosscut Asia yang merupakan persembahan kolaborasi spesial The Japan Foundation Asia Center bersama TIFF bertujuan buat mempertontonkan ragam film Asia dari masterpiece sineas terkenal yang jarang diakses ke hiburan populer di atas kesamaan elemen tema setiap tahunnya. Edisi pertamanya menyorot film-film Thailand, lalu Filipina dan Indonesia masing-masing di tahun ke-2 dan ke-3, kemudian bergerak ke karya-karya sineas muda Asia Tenggara dan tema musikal di edisi ke-5 tahun lalu.

Crosscut Asia #06 (courtesy of Tokyo International Film Festival)

Film-film yang akan hadir di Crosscut Asia #06: Fantastic Southeast Asia antara lain adalah film sci-fi pertama sineas Filipina Lav Diaz, The Halt (2019), horor aksi fantasi Sisters (2019) dari sineas Thailand Prachya Pinkaew yang dikenal dari film aksi Chocolate (2008) – dibintangi aktris laga Jeeja Yanin, dan sebuah episode dari Folklore; serial horor HBO Asia yang diproduseri sineas Singapura Eric Khoo. Memilih entry dari Jepang, Folklore: Tatami merupakan episode serial lepas Folklore yang disutradarai Takumi Saitoh selain Mother’s Love (Joko Anwar – Indonesia), Toyol (Ho Yuhang – Malaysia), Pob (Pen-Ek Ratanaruang – Thailand), Nobody (Eric Khoo sendiri – Singapura) serta Mongdal (Lee Sang-woo – Korea Selatan).

The Halt, Sisters & Folklore: Tatami (courtesy of Tokyo International Film Festival)

Tatami berkisah tentang seorang penulis yang pulang untuk menghadiri pemakaman ayahnya dan mulai terus-menerus mengalami kilas balik masa kecil yang membawanya menelusuri sebuah misteri tentang roh tatami di balik rahasia masa lalu yang selama ini tersimpan rapat.

Selain pengumuman line up Crosscut Asia tahun ini, UNIJAPAN selaku penyelenggara TIFF juga akan bertindak sebagai co-host  untuk menginisiasi segmen special screening “Masters of Southeast Asian Cinema” dan penayangan Setan Jawa karya Garin Nugroho dalam treatment live di segmen “Setan Jawa – A Silent Film with a Live 3D Sound Concert”. Event spesial pendamping ini akan digelar dari 2 Juli hingga 10 Juli 2019 dalam program “Asia in Resonance 2019”, event serial untuk memperkenalkan pertukaran ragam budaya Asia antara Jepang dan negara-negara Asia Tenggara oleh The Japan Foundation Asia Center.

Bersama edisi ke-32 TIFF yang akan digelar dari 28 Oktober hingga 5 November 2019 – tetap di venue utama Roppongi Hills dan pusat keramaian lainnya di Tokyo, Crosscut Asia #06 akan membawa pemirsanya menguak ragam budaya dan mitos-mitos supernatural yang sangat mengakar di negara-negara Asia Tenggara.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY