Duo AriReda Rilis Album Kedua

Duo AriReda Rilis Album Kedua

2888
SHARE
Duo Ari Malibu dan Reda Gaudiamo, AriReda. (Photo by: Official Media Release)

AriReda, duet yang terdiri dari Ari Malibu dan Reda Gaudiamo, pada hari Sabtu, 10 Oktober 2015, merilis album kedua mereka, self titled AriReda Menyanyikan Puisi.

Bila di album terdahulu, Becoming Dew, AriReda menggarap 12 puisi Sapardi Djoko Damono, maka di album ini, duo ini menyanyikan 9 puisi karya penyair ternama Indonesia: Abdul Hadi WM, Goenawan Mohammad, Mozasa, Sapardi Djoko Damono, dan Toto Sudarto Bachtiar.

Cover album baru AriReda, Menyanyikan Puisi
Cover album baru AriReda, Menyanyikan Puisi

Album ini memang tampil apa adanya. Tidak ada efek atau tambahan instrument selain gitar. Rekaman album self titled ini dibuat dengan teknik rekaman langsung, live di GrooveBox Studio. Ini bukan proses yang mudah karena segala sesuatunya harus sejalan dan seirama. Tidak seperti rekaman studio biasanya, yang semua bisa diulang di titik mana saja, cara ini mengharuskan Ari dan Reda bermain bersama dengan kompak. Kesalahan yang dilakukan salah satu pihak, membuat proses rekaman harus diulang.

Just like the old days. Sesi rekaman, mixing, dan akhirnya mastering dikerjakan seluruhnya di GrooveBox Studio, dari Mei 2015, dilakukan setiap akhir pekan, dan akhirnya selesai pada Agustus 2015.

 

Duo AriReda

AriReda ditemukan dan dibentuk sebagai duet oleh Pepeng Ferrasta Soebardi, tahun 1982,. Awalnya, mereka menyanyikan lagu-lagu folk dan balada dari seperti Fly Away (John Denver), lagu-lagu duo Simon & Garfunkel, dan lagu sejenis lainnya.

Tahun 1987, mereka terlibat dalam proyek apresiasi seni yang diprakarsai oleh Sapardi Djoko Damono dan Fuad Hassan (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu). Tujuannya, siapa saja bisa menikmati puisi lewat lagu. Sejak saat itu AriReda terus menyanyikan sajak-sajak penyair Indonesia.

Album pertama mereka, Becoming Dew, diluncurkan pada tahun 2007. Berisi 10 lagu dari puisi Sapardi Djoko Damono. AriReda pernah menjadi tamu Ubud Writers & Readers Festival (2010) dan Makassar Writers & Readers Festival (2011). Tahun ini, AriReda menjadi salah satu penampil di acara Frankfurt Book Fair/Frankfurter Buchmessse 2015.

 

Single Baru Di Restoran

Single ini diambil dari puisi Sapardi Djoko Damono, Di Restoran. Musikalisasinya atau komposisi musiknya dikerjakan oleh M. Umar Muslim. Pertama kali lagu ini direkam pada tahun 1989, dan kini dikerjakan kembali dengan sentuhan baru. Videoclip lagu ini adalah karya Yogi D. Sumule, yang diambil pada saat live show AriReda pada bulan September 2014.

 

Diskografi:

1. Album Bulan Apresiasi Sastra (1988), dinyanyikan bersama Tatyana Soebianto, BMV, Neno Warisma.
2. Hujan Bulan Juni (1989), dinyanyikan bersama Dina Nasoetion, Tatyana Soebianto, Gatot Wibowo.
3. Hujan Dalam Komposisi (1996), dinyanyikan bersama Tatyana Soebianto, Bambang Wibawarta.
4. Becoming Dew (2007), album pertama AriReda.
5. AriReda Menyanyikan Puisi (2015), album kedua AriReda

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY