Duo Pop Akustik, Marcomarche, Gelar Pertunjukan Intim Di Yogyakarta

Duo Pop Akustik, Marcomarche, Gelar Pertunjukan Intim Di Yogyakarta

154
SHARE

Setelah sekian lama duo band ini bersembunyi di dapur rekaman, kini duo pop akustik asal Jakarta, MarcoMarche ini siap untuk tampil membawa karya-karya terbaru mereka. Per tanggal 14 Agustus 2017 yang lalu, duo band yang digawangi Duta Pamungkas dan Chintana Ayukinanti ini telah meriliskan secara digital single baru mereka berjudul “Puisi Pagi” yang juga merupakan bagian dari album kedua MarcoMarche yang akan diriliskan awal tahun 2018 yang akan datang.

Single “Puisi Pagi” yang merupakan single pertama dari album kedua yang akan bertajuk “Down The Valley” ini membawa suasana kesegaran pagi dan harapan dalam menjalani kehidupan ini. Mendengarkan lagu ini, kita akan merasakan energi positif dan semangat yang ditularkan dari duo band yang bergenre folk-pop ini.

MarcoMarche kali ini mencoba mengeksplorasi musikalitas mereka dengan menambahkan beberapa ornamen dalam mengkomposisi lagu Puisi Pagi ini dengan menambahkan piano, ukulele, dan drum yang diracik secara tepat dan unik. Selain itu kekuatan lirik dari lagu, juga bagan yang tidak lazim menjadi kekhasan dan keunikan dari single mereka, seperti karya-karya MarcoMarche sebelum-sebelumnya.

MarcoMarche adalah sebuah band indie dengan format duo akustik yang mengusung genre folk-pop. Duo ini berdiri pada tahun 2012 dengan personil Duta Pamungkas dan Asterina Anggraini dan memulai menulis dan merekam karya-karya lagu orisinil mereka di tahun 2013. Pada awal tahun 2014 mereka secara resmi meriliskan album pertama mereka berjudul “Warm House” dinaungi record label Demajors dengan single “Senja dan Mentari”. Album mereka berhasil menembus market luar Indonesia dengan dirilisnya album fisik mereka di Jepang dibawah naungan Inpartmaint Inc.

Ciri khas duo ini adalah kedua personilnya sama-sama bernyanyi dan bermain gitar akustik, dengan musik dan lagu yang bernuansa folk, pop, country dan sedikit eksperimental. Kekhasan inilah yang menjadi “kekayaan nuansa” dari MarcoMarche yang tetap terdengar sederhana, ringan namun berbobot dan mendalam.

Pada pertengahan 2016, Asterina tidak dapat lagi meneruskan duo MarcoMarche ini dan digantikan oleh Chintana Ayukinanti. Pergantian personil ini memberikan warna baru bagi MarcoMarche dengan karakter vokal dan musikalitas yang khas dari Chintana. Duo ini kembali berkarya menciptakan lagu-lagu baru dan merekam karya-karya orisinil mereka yang dijadwalkan akan menelurkan album yang kedua bertajuk “Down The Valley” yang akan diriliskan awal tahun 2018 yang akan datang.

Kali ini Duta dan Chintana secara lebih luas dan lebih mendalam mengeksplorasi musikalitas dan ekspresi seni mereka yang tercermin dalam lirik-lirik lagu dan musik artistik yang dalam beberapa lagu terkesan absurd, nyeleneh namun mengandung pesan yang mendalam yang mencerminkan suatu keberanian sekaligus kedewasaan dalam bermusik dan berkarya. Hal ini terlihat misalnya dari lagu “Puisi Pagi”, “Down The Valley” dan “Alien Without Glasses” yang mencerminkan keunikan, keberanian serta kejujuran duo ini dalam bermusik dan berkarya.

Dalam rangka mempromosikan single terbarunya, Marcomarche akan menggelar pertunjukan intim di Yogyakarta, tepatnya pada tanggal 22 Agustus 2017 mendatang di TAN Lunch & Bar, Jl. Rajawali Raya 26, Condong Catur, Yogyakarta. Tidak hanya tampil sendiri, nantinya pertunjukan ini akan dibuka oleh grup musik ukulele yang cukup ikonik di Yogyakarta, Answer Sheet dan juga band pop eksperimental Sungai.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY