Fête du ciné: Pesta sinema IFI Bandung & Bahasinema Bulan Maret 2016

Fête du ciné: Pesta sinema IFI Bandung & Bahasinema Bulan Maret 2016

748
SHARE

Dalam rangka merayakan Hari Film Nasional yang jatuh pada bulan Maret, kami menyajikan pemutaran film-film Prancis dan Indonesia terbaik setiap minggunya yang masuk dalam kategori ‘The Nouvelle Generation’ di mana para generasi  sineas Prancis dan Indonesia  di era 1998 hingga 2015 telah menorehkan karya terbaiknya dengan menggebrak dan memberi warna baru bagi dunia perfilman. Generasi  baru telah lahir, budaya dan sosial politik masyarakat semakin berkembang. Tak hanya berhasil mengcapturenya dalam format film namun mereka berhasil menjadi penanda sejarah sinema atau wara-wiri dalam apresiasi  di berbagai penghargaan film nasional dan Internasional. Minggu ketiga akan diisi oleh pemutaran film Dheepan karya Jacques Audiard, Janji Joni karya Joko Anwar dan Kompilasi Film Eddie Cahyono (Jalan Sepanjang Kenangan dan Siti)

Dheepan (2015)

Dheepan adalah penggerak dan pejuang kemerdekaan dari suku Tamil Sri Lanka, seorang militan tanpa rasa takut. Namun, saat itu Sri Lanka sudah diambang berakhirnya perang sipil, yang juga menandai bahwa para perjuangan akan segera dihentikan. Dheepan memutuskan untuk melarikan diri, dengan membawa dua orang tak dikenal ikut bersamanya, seorang wanita dewasa dan seorang gadis kecil, mereka pergi menuju Eropa, tempat dimana dia berharap akan bisa hidup lebih baik dengan mencari suaka di sana. Film ini merupakan salah satu film terbaik Prancis di tahun 2015 dengan peraihan Palm d’Or di Festival Film Cannes 2015.

Janji Joni (2005)

Film besutan salah satu sutradara terbaik Indonesia, Joko Anwar yang dirilis tahun 2005 ini bercerita mengenai Joni (Nicholas Saputra )seorang pengantar roll film yang tidak pernah telat mengantar roll film antar bioskop. Joni yang telah bekerja sebagai pengantar secara turun-temurun ini bertekad untuk tepat waktu dan dapat diandalkan. Suatu hari saat dia bertemu dengan seorang wanita jelita (Mariana Renata)dan Joni menanyakan namanya. Tapi perempuan itu hanya akan memberitahukannya kalau Joni dapat mengantarkan roll-roll film tepat waktu hingga film yang ditonton tidak putus di tengah jalan. Film ini sempat mendapatkan banyak penghargaan yakni Film Terbaik 2005 versi Majalah TEMPO, Best Movie, MTV Indonesia Movie Awards 2005, Most Favorite Actor (Nicholas Saputra), MTV Indonesia Movie Awards 2005, Most Favorite Supporting Actress (Mariana Renata), MTV Indonesia Movie Awards 2005, Best Director (Joko Anwar), Bali International Film Festival 2005, SET Awards 2005 (Joko Anwar),Best Editing (Yoga Koesprapto), Asia Pacific Film Festival 2005, 9 Nominasi dalam Festival Film Indonesia 2005 dan membawa pulang 2 Piala Citra.

 

Kompilasi Film Eddie Cahyono

Jalan Sepanjang Kenangan

Ngidam! Demi jabang bayi yang dikandung Susi, Slamet rela memenuhi keinginan istrinya yang sedang ngidam untuk menyusuri kembali jalan kenangan mereka, meski harus berbohong kepada atasannya. Kenangan lama diulang, ada rasa suka, duka, haru, dan cemburu. Slamet dan Susi kembali dihadapkan kepada keadaan saat mereka harus saling percaya dan mencintai untuk mengarungi bahtera rumah tangga mereka.

Siti

Siti (Sekar Sari) adalah perempuan 24 tahun yang hidup bersama dengan ibu mertuanya Darmi (Titi Dibyo), anak semata wayangnya Bagas (Bintang Timur Widodo), dan suaminya Bagus (Ibnu Widodo). Keluarga Siti adalah keluarga miskin yang tinggal di pinggir pantai Parangtritis. Bagus berprofesi sebagai seorang nelayan miskin yang membeli perahu baru dengan cara berutang. Namun, nasib sial menimpa satu tahun lalu ketika perahu baru milik Bagus mengalami kecelakaan, melenyapkan perahu sekaligus membuat Bagus lumpuh, serta membuat Bagus tidak mampu melunasi utangnya. Akibat kecelakaan itu, Siti dan Darmi beralih profesi sebagai penjual peyek jingking untuk wisatawan di pantai Parangtritis. Di malam hari, Siti juga bekerja menjadi pemandu karaoke di salah satu tempat karaoke ilegal. Film Terbaik 2015 versi FFI, Apresiasi Film Indonesia, dan sederet penghargaan nasional dan internasional yang diraihnya.

Hari        : Kamis, 31 Maret 2016

Pukul     : 13.00, 15.30 & 18.30 WIB (terlampir di poster untuk jadwal setiap sesi film)

Tempat : Auditorium IFI Bandung

Tiket      : 10 Ribu untuk Film Indonesia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY