SHARE

Hari ini rilis trailer dua film yang ditunggu-tunggu itu. Keduanya disadur dari buah karya seorang Pramoedya Ananta Toer. Difilmkannya Perburuan diumumkan detik-detik terakhir tidak seperti Bumi Manusia yang memang sudah digembar-gemborkan dan kontroversial sejak tahun lalu.

Perburuan memasang sutradara (Richard Oh) dan pemain (Adipati Dolken, Ayushita), saya pribadi sayangnya belum baca buku Pram yg berlatar zaman penjajahan Jepang ini. Namun, Bumi Manusia adalah mahakarya, buku pertama dari rangkaian Tetralogi Pulau Buru ini mungkin adalah karya Pram yang paling terkenal dan dengan beraninya disutradarai Hanung Bramantyo yang nekat menggaet Iqbal Ramadan sebagai Minke dan Mawar Eva sebagai Annelies. Keduanya diproduksi rumah produksi yang sama, Falcon Pictures.

Tidak mungkin tidak menjual cinta-cintaan, lagipula bukankah itu genre (buku, film) paling laku di dunia? Tetapi bukankah itu juga cerita paling dekat dengan semua manusia, masa berbunga maupun masa patah hatinya? Meski kita pasti sangat berharap lebih karena karya-karya Pram tidaklah secengeng dan seroman picisan itu.

Sebagai anak bahasa dan sastra Indonesia dan pecinta serta pengamat film nasional, saya akan lebih terbuka karena paham akan kelebihan dan kekurangan sebuah ekranisasi dari sebuah buku ke dalam film karena skripsi saya pun tentang itu. Buku dan film adalah dua media berbeda. Sudut pandang pembaca yang beragam dan imajinatif akan dibatasi sudut pandang film maker dan segi komersial.

Yang jelas sudah sepatutnya kita turut bahagia, Pram akan dirayakan lebih luas lagi (dan dengan bebas) di bulan kemerdekaan bangsa kita Agustus nanti. Banyak karyanya lahir di penjara. Itu warisan buat kita. Bersyukurlah kita jadi bisa bersama-sama sedikit menengok masa para leluhur di zaman kolonial Belanda dan pendudukan Jepang waktu. Kita akan belajar tentang bangsa kita sendiri, tentang diri kita sendiri. Bukankah kita selalu belajar sejarah lebih banyak dan lebih baik di luar sekolah?

Mari kita mengapresiasi sinergi positif para anak bangsa ini dengan tepuk tangan dari hati. Yuk Agustusan dengan ke bioskop rame-rame mulai tanggal 15 Agustus 2019!

Nurul Azizah (@kekasihsemesta)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY