JAFF Raih Apresiasi Festival Film Terbaik Di Ajang Apresiase Film Indonesia (AFI)...

JAFF Raih Apresiasi Festival Film Terbaik Di Ajang Apresiase Film Indonesia (AFI) 2016

797
SHARE

Acara penganugerahan penghargaan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 telah terselenggara di Grand Kawanua Convention Center, Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (8/10/2016) malam. AFI merupakan program yang diprakarsai oleh Pusat Pengembangan Perfilman, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Badan Perfilman Indonesia. Penyelenggaraan Apresiasi Film Indonesia merupakan wujud nyata apresiasi Pemerintah Indonesia kepada masyarakat luas, khususnya insan perfilman Indonesia.

Yogyakarta menempati posisi istimewa dalam Apresiasi Film Indonesia tahun ini. Perwakilan Yogyakarta menjadi nomine dan pemenang dalam beberapa kategori.  Penghargaan Apresiasi Film Panjang Non Bioskop diterima oleh Istirahatlah Kata-kata karya Anggi Noen, Apresiasi Film Anak diterima oleh Amarta karya Bambang ‘Ipoenk’ KM, Apresiasi Pemerintah Daerah diterima oleh Daerah Istimewa Yogyakarta dan Apresiasi Festival Film diterima oleh Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF).

img_20161008_234518
Budi Irawanto, Direktur JAFF, saat menerima penghargaan di AFI 2016, Manado.

Dalam sambutannya, Budi Irawanto selaku Direktur JAFF menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak terkait, seperti Kemendikbud Provinsi Sulawesi Utara, Badan Perfilman Indonesia, serta tim seleksi dan dewan juri AFI. Budi Irawanto selanjutnya menyampaikan sedikit cerita mengenai sejarah JAFF. Lebih dari 10 tahun lalu JAFF diinisiasi oleh komunitas film independen di Jogja, sesaat setelah kota pelajar itu diuji dengan gempa bumi. Maka, sejak awal JAFF bukan sekedar selebrasi, tetapi juga ekspresi solidaritas, kolaborasi dan apresiasi. JAFF menjadi tempat perjumpaan yang intim antara pembuat film, karya, dan penontonnya; ia senantiasa mengajarkan sikap rendah hati untuk selalu menghargai dan menemukan sisi terbaik sebuah karya serta kerja keras di balik setiap karya.

JAFF menghaturkan terima kasih kepada para pembuat film dan kawan-kawan seluruh panitia, sukarelawan dan seluruh masyarakat Indonesia yang selalu menghidupkan semangat mengapresiasi karya, mencipta budaya sinema yang sehat, dan selalu meramaikan JAFF.

Kemenangan JAFF pada Apresiasi Film Indonesia 2016 ini tentu membawa semangat yang lebih besar bagi penyelenggara JAFF. Tahun ini, JAFF ke-11 hadir dengan tema ISLANDSCAPE,  yang mengangkat pentingnya memandang wilayah kepulauan tak hanya sebagai kondisi geografis semata, tetapi juga sumber pergulatan kreatif bagi para pembuat film untuk senantiasa membuka diri terhadap pelbagai pengaruh kultural dari mana pun. Tema ini juga menandai pertukaran, silang-pengaruh, dan keterhubungan sinema di kawasan Asia dan Pasifik. JAFF ke-11 akan diselenggarakan pada tanggal 28 November – 3 Desember 2016.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY