Jerman Fest “Market Share”: Menghadirkan Seni ke Pasar dan Masyarakat

Jerman Fest “Market Share”: Menghadirkan Seni ke Pasar dan Masyarakat

1306
SHARE
Official promotional poster of Jerman Fest Market Share.

Menggunakan ruang publik untuk menghadirkan instalasi dan karya seni memberikan seniman dan pengunjung sebuah kesempatan yang luar biasa untuk menyaksikan bagaimana karya seni berkomunikasi dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya.

Proyek “Market Share” menyebar ke bidang seni di ruang publik di Jakarta dan merupakan sebuah kolaborasi antara Frankfurter Städelschule dan ruangrupa. Dikurasi oleh Tobias Rehberger dan Ade Darmawan, “Market Share” akan secara resmi dibuka hari Selasa, 10 November, pukul 10 pagi di Pasar Tebet Timur.

Tobias Rehberger merupakan salah satu seniman yang berpengaruh pada generasinya. Penerima penghargaan Golden Lion di Venice Biennale ke-53 ini konsisten berkarya di bidang seni, desain, dan arsitektur. Ade Darmawan adalah seniman dan kurator Indonesia, juga salah satu pendiri serta pemimpin ruangrupa, organisasi seni yang fokus bekerja di ruang kota.

Secara bersama sama, mereka mengeksplorasi berbagai kemungkinan ruang publik serta realitas urban di Jakarta dan mendorong 10 seniman terpilih dari Jerman dan Indonesia untuk melakukan pendekatan berdasarkan realita yang terjadi di pasar di Tebet, Jakarta.

Penciptaan karya-karya seniman muda ini memakan waktu beberapa bulan, beberapa di antara mereka melakukan kolaborasi dengan pedagang pasar lokal. Dalam karya mereka, para seniman berkisar pada pasar secara spesifik, tentang barang, ritual membeli dan menjual, memberi dan menerima, transportasi, keamanan, bertahan, atau ruang yang tidak disadari.

Pembukaan resmi akan diadakan di pasar Tebet Timur pada 10 November pukul 10 pagi. Karya mereka akan dipamerkan tanpa batasan waktu, menyatu dengan sekitar atau perlahan menghilang.

Seniman yang terlibat dalam proyek ini adalah Angga Cipta, Betrand Flanet, Edi Danartono, Hanna-Maria Hammari, Julia Zabowska berkolaborasi dengan Carlos Franke, Liesel Burisch, Maharani Mancanagara, Muhammad Fatchurofi, The Popo, dan Putri Ayu Lestari.

Proyek “Market Share” adalah bagian dari Jerman Fest, sebuah festival Indonesia dan Jerman yang merayakan persahabatan antara kedua negara. Jerman Fest adalah sebuah inisiatif dari Kementerian Luar Negeri Jerman dan diselenggarakan berkat kerja sama Goethe-Institut Indonesien, Kedutaan Besar Jerman dan EKONID.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY