Meryl Streep dan Film Biopik Florence Foster Jenkins, Membuka Tokyo International Film...

Meryl Streep dan Film Biopik Florence Foster Jenkins, Membuka Tokyo International Film Festival Ke-29

484
SHARE

Oleh: Daniel Irawan

Bersama kehadiran Meryl Streep di konferensi pers sehari menjelang hari pembukaannya, Tokyo International Film Festival (TIFF/TIFFJP) dibuka dengan gelaran red carpet dan pemutaran film pembuka ‘Florence Foster Jenkins’ yang langsung dipresentasikan Meryl bersama PM Jepang Shinzo Abe di EX Theatre Roppongi.

Meryl Streep dan Shinjo Abe (PM Jepang) dalam pembukaan TIFF ke-29 (Sumber foto: image.net/tiff-jp.net)
Meryl Streep dan Shinjo Abe (PM Jepang) dalam pembukaan TIFF ke-29 (Sumber foto: image.net/tiff-jp.net)

Disutradarai Stephen Frears (‘Dangerous Liaisons’, 1988), juga pernah menjadi nominee Oscar lewat ‘The Grifters’ (1980) dan ‘The Queen’ (2006), ‘Florence Foster Jenkins’adalah sebuah biopik tentang sosok asli berjudul sama, sosialita New York di era ’20 ke 40-an yang membuat fenomena di balik inkompetensinya sebagai seorang penyanyi opera di dunia pertunjukan musikal saat itu.

tiff-2016-jury-oc-1
Para juri dalam TIFF International Competition, dari kiri ke kanan: Mabel Cheung (sutradara Hongkong), Valerio Mastandrea (Aktor Italia), Jean-Jacques Beineix (Sutradara, Penulis dan Produser Prancis) sebagai Presiden Dewan juri, Nicole Rocklin (Priduser film Spotlight) dan Hideyuki Hirayama (sutradara Jepang). (sumber foto: 2016.tiff-jp.net/)

Menyapa ratusan jurnalis Jepang dan Internasional yang memenuhi ruangan, dalam konferensi pers yang digelar tanggal 24 Oktober tersebut, Streep menyatakan kegembiraannya bisa berada di Jepang lagi dengan sambutan jauh lebih meriah dari yang ia duga. Sesi Q & A kemudian bergulir dari soal ‘Florence Foster Jenkins’ dan kecenderungannya belakangan memilih peran-peran musikal setelah kesuksesan ‘Mamma Mia!’ (Phylllida Lloyd, 2008) hingga impresinya tentang budaya Jepang – dari dominasi gender hingga kuliner khas negara itu.

Di hari pembukaannya, event Red Carpet kemudian dibuka dengan penampilan muse TIFF tahun ini, Haru Kuroki, pemenang Silver Bear Berlinale dari film karya Yoji Yamada, ‘Little House’ (2014). Ada banyak selebriti yang menjalani karpet merah di Roppongi Hills Arena dari sineas Jepang Shunji Iwai dan Mamoru Hosoda yang menjadi fokus di beberapa segmen tahun ini ke aktor Masaya Kato hingga sineas internasional dari berbagai negara termasuk Indonesia yang menjadi sorotan khusus dalam program ‘Crosscut Asia’ tahun ini.

tiff-salawaku
Crew and Cast film Salawaku yang hadir dalam pembukaan TIFF ke 29. Film Salawaku terpilih untuk tayang di program Asian Future dan akan bersaing dengan 9 film lainnya memperebutkan penghargaan Best Asian Future Award dalam TIFF ke 29 ini. (sumber foto: 2016.tiff-jp.net/)

Di antaranya ada personil Super Junior dari Korea, Ye Sung yang mempresentasikan film co-production Jepang-Korea ‘My Korean Teacher’, aktris Perancis pemeran ‘La Femme Nikita’ Anne Parilaud, aktor Hong Kong Francis Ng & Louis Koo dari film kompetisi utama ‘Shed Skin Papa’, aktris Malaysia Sharifah Amani dan aktor Filipina Lou Veloso dari omnibus co-production TIFF bersama Japan Foundation Asia Center ‘The Asian Three-Fold Mirror Project: Reflections’ hingga Meryl Streep sendiri.

tiff-athirah-1
Crew and Cast film Athirah yang juga hadir dalam pembukaan TIFF ke 29 di Tokyo ini. Film ini adalah 1 dari 11 film Indonesia yang terpilih untuk ditayangkan dalam program Crosscut Asia #03: Colorful Indonesia di TIFF ke 29 kali ini. (sumber foto: 2016.tiff-jp.net/)

Sementara sineas dan artis Indonesia yang hadir dalam gelaran karpet merah ini di antaranya sutradara Mouly Surya (‘Fiksi’), Nia Dinata (‘Ini Kisah Tiga Dara’), Riri Riza (‘Athirah’), Pritagita Arianegara (‘Salawaku’), serta aktor Nicholas Saputra (‘Someone’s Wife in the Boat of Someone’s Husband’), Shanty Paredes – Tatyana Akman – Tara Basro (‘Ini Kisah Tiga Dara’), Cut Mini dan Jajang C. Noer (‘Athirah’) dan Karina Salim (‘Salawaku’).

tiff-three-sassy-sisters
Rombongan crew and cast film Three Sassy Sister (Ini Kisah Tiga Dara) yang juga hadir di Red Carpet TIFF ke 29. Film ini juga terpilih untuk diputar dalam program Crosscut Asia #03: Colorful Indonesia pada TIFF ke 29 ini. (sumber foto: 2016.tiff-jp.net/)

Berlanjut dengan seremoni pembuka yang digelar di EX Theatre Roppongi sebelum pemutaran ‘Florence Foster Jenkins’, PM Jepang Shinzo Abe tampil bersama Meryl Streep setelah sebelumnya direktur festival Yasushi Shiina memperkenalkan juri kompetisi utama sutradara Perancis Jean-Jacques Beineix (‘Diva’, ‘Betty Blue’), sutradara Jepang Hideyuki Hirayama, sutradara Hong Kong Mabel Cheung (‘Painted Faces’, ‘The Moon Warriors’), produser AS Nicole Rocklin (film terbaik pemenang Oscar 2016 ‘Spotlight’) dan aktor Italia Valerio Mastandrea, dan tiga sutradara omnibus ‘Reflections’; Brillante Ma Mendoza (Filipina), Isao Yukisada (Jepang) dan Sotho Kulikar (Kamboja).

tiff-nicholas-saputra
Nicholas Saputra di Red Carpet Tokyo International Film Festival ke 29, setelah film yang dibintanginya, Someone’s Wife in the Boat of Someone’s Husband karya Edwin masuk menjadi salahsatu dari 11 film Indonesia yang terpilih untuk diputar dalam program program Crosscut Asia #03: Colorful Indonesia di TIFF ke 29 ini. (sumber foto: 2016.tiff-jp.net/)

Dalam seremoni pembuka tersebut, setelah Haru Kuroki mengundang Streep naik ke panggung bersama Shinzo Abe, aktor pendamping Streep dalam ‘Florence Foster Jenkins’, Hugh Grant, yang urung hadir karena jadwal syuting juga mengirimkan video singkat permintaan maafnya untuk menyapa seluruh penggemarnya di Jepang. Dengan style humor Inggris-nya, Grant mengatakan bahwa walau tidak dapat hadir, ia mengirimkan Streep sebagai asistennya untuk mempresentasikan ‘Florence Foster Jenkins’ di TIFF.

tiff-mouly-surya
Mouly Surya, Sutradara film Fiction, yang juga terpilih untuk diputar dalam program Crosscut Asia #03: Colorful Indonesia di TIFF ke 29. (sumber foto: 2016.tiff-jp.net/)

TIFF ke-29 akan digelar selama 10 hari penayangan lebih dari 200 judul film dari berbagai negara bersama event-event spesial di bilangan Roppongi Hills dan beberapa lokasi lain, juga pasar film pendampingnya, TIFFCOM yang kali ini diselenggarakan di dua venue; Shinjuku dan lokasi tetapnya di Odaiba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY