Pemutaran Perdana Film Dokumenter WSATCC DI CIKINI Dalam Acara FILM MUSIK MAKAN

Pemutaran Perdana Film Dokumenter WSATCC DI CIKINI Dalam Acara FILM MUSIK MAKAN

1044
SHARE

Sebagai kelanjutan dari pergelaran konser tungggal White Shoes & The Couples Company (WSATCC) Konser di Cikini yang diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki pada Agustus 2015 lalu, WSATCC dan RURU Corps bekerjasama dengan Digilive memproduksi film dokumenter WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY DI CIKINI yang merupakan salah satu bentuk perekaman dari pergelaran WSATCC Konser di Cikini.

RURU Corps—sebuah biro komunikasi visual yang didirikan oleh 3 organisasi seni rupa di Jakarta, merupakan produser konser WSATCC Konser di Cikini, juga. Mulai tahun 2015, RURU Corps mengelola proyek pertunjukan musik tahunan yang didedikasikan untuk menampilkan kelompok musik lokal generasi baru dalam sebuah presentasikhusus. Proyek ini merupakan bentuk dukungan RURU Corps bagi kelompok musik lokal untuk dapat mempresentasikan karyanya secara kontekstual, baik dalam bentuk konser tunggal—juga dalam berbagai bentuk rangkaian program-program pendukung lainnya seperti pameran postcard dan film dokumenter yang dirancang secara apik dan terkonsep. Selain WSATCC Konser di Cikini, RURU Corps juga mengurus RRREC Fest in The Valley 2015.

Film ini mendokumentasikan kejadian-kejadian seputar konser itu, dari saat-saat persiapan, momen-momen dibelakang panggung,sampai titik puncaknya saat mereka tampil diatas panggung. Film ini juga berisi cerita-cerita menarik dari tiap personil, tentang masa awal terbentuknya sekstet pop ini serta hubungan spesial yang telah terjalin antara WSATCC dan Cikini, tempat dimana mereka mulai berteman dan bermusik bersama.

Film dokumenter WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY DI CIKINI disutradarai oleh Henry Foundation, seorang perupa multitalenta yang juga adalah sahabat dari WSATCC. Selain dikenal sebagai perupa, Henry Foundation yang akrab dipanggil dengan nama Betmen ini, adalah frontman dari kelompok musik Goodnight Electric, yang namanya juga dikenal sebagai salah satu sutradara video musik di Indonesia yang paling produktif pada awal hingga akhir tahun 2000-an.

Untuk acara pemutaran perdana dan distribusi film ini, WSATCC dan RURU Corps bekerjasama dengan Kolektif – inisiatif distribusi film dari Yayasan Cipta Cita Indonesia, khususnya pemutaran alternatif ke ruang-ruang publik sejak tahun 2013.

FMM_Poster

Film WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY DI CIKINI akan ditayangkan untuk pertama kalinya kepada publik dalam acara FILM MUSIK MAKAN (FMM) yang diadakan oleh Kolektif pada hari Minggu, 3 April 2016 jam 19.00 di GoetheHaus Jakarta, Jl. Dr Sam Ratulangi No. 9-15, Menteng, Jakarta Pusat.  Untuk menonton rangkaian film-film di acara FMM 2016, diberlakukan donasi senilai Rp 250.000 (terusan dua hari) atau Rp 150.000 (harian). Untuk informasi dan reservasi acara Film Musik Makan 2016, hubungi: +62 812-9867-6326 atau email: filmmusikmakan@gmail.com dan ikuti @kolektiffilm di Instagram untuk info terbaru.

Tahun 2016 ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Film Musik Makan yang akan memutarkan 4 film panjang, 10 film pendek, 2 penampilan musik, diskusi kampus tentang Film dan Klasifikasi, serta presentasi SEAFIC sebuah lab film internasional, sambil ditemani sajian hidangan menyegarkan. Film Musik Makan diadakan 2-3 April 2016 di Goethe Haus mulai jam 10.00 – 22.000.

Setelah acara FMM 2016, film WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY DI CIKINI bersama ketigabelas film-film yang tayang tersebut akan dibawa berkeliling bersama komunitas rekanan Kolektif seperti Rumata Art Space, INFIS, Minikino, Simamat, Sudut Pandang yang tersebar di beberapa kota, seperti Surabaya, Yogyakarta, Palu, Makassar, Bali, Bengkulu, dan masih banyak lagi.

Bertepatan dengan pemutaran perdana film dokumenter ini, akan dirilis single terbaru WSATCC berjudul “Senja” untuk mendukung nuansa cinematic dari karya film ini. Lagu ini sebelumnya pernah dirilis dalam album pertama WSATCC pada 2005, yang kemudian diaransemen ulang secara khusus dalam format orkestra oleh komponis Lie Indra Perkasa untuk dimainkan saat WSATCC Konser di Cikini pada 5 Agustus 2015 yang lalu. Untuk keperluan single ini, WSATCC dan Lie Indra Perkasa bekerjasama merekam komposisi baru “Senja” dalam format orkestra dengan dukungan musisi-musisi dari Budapest Scoring Orchestra. Lagu ini kemudian direkam secara terpisah di Budapest dan Jakarta.

 

Tentang Penyelenggara

White Shoes & The Couples Company (WSATCC) adalah sekelompok pemusik yang membawakan musik pop Indonesia. Kelompok musik ini terdiri dari 6 personil dan terbentuk di kampus Institut Kesenian Jakarta, pada tahun 2002. Musik WSATCC banyak terinspirasi dari lagu-lagu dalam film-film Indonesia di tahun 70-an dan semangat akustik musisi jazz tahun 30-an—juga menyerap pengaruh irama retro disko, aransemen musik klasik, kekaguman pada masa keemasan musik populer Indonesia dari tahun 1950 hingga 70-an, serta khususnya mengambil inspirasi dari karya komposer-komposer ternama Indonesia diantaranya Ismail Marzuki, Guruh Sukarno Putra, Fariz RM dan Jack Lesmana.

White Shoes & The Couples Company

E: wsatcc@gmail.com

W: www.whiteshoesandthecouplescompany.org

RURU Corps adalah sebuah biro komunikasi visual yang didirikan oleh tiga kelompok seniman di Jakarta, yaitu ruangrupaForum Lenteng dan SERRUM. Kami bekerja berdasarkan kolaborasi lintas disiplin dalam melakukan proyek-proyek yang berhubungan dengan seni – seperti pameran seni rupa, video dan musik festival, karya desain dan instalasi, sampai penerbitan buku.  Kami bekerja menggunakan berbagai medium dan metode yang disesuaikan  dengan beragamnya kebutuhan akan strategi dalam berkomunikasi.

RURU Corps

E: info@rurucorps.com

W: www.rurucorps.com/

Kolektif merupakan inisiatif distribusi film dari Yayasan Cipta Cita Indonesia, khususnya pemutaran alternatif ke ruang-ruang publik sejak tahun 2013. Kolektif bergerak dan mencari peluang kegiatan pemutaran serta lokakarya yang berkaitan dengan manajemen komunitas film, bersama komunitas-komunitas di seluruh Indonesia. Selain di Jakarta, Kolektif juga sudah mengadakan kegiatan di Aceh, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Palu, Makassar, Bali, Kupang, Ambon, dan akan terus berkegiatan di ruang-ruang alternatif lainnya.

Kolektif

E:  kolektif.film@gmail.com

W: www.kolektif.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY