Piala Maya 2015: IMAJINASIA

Piala Maya 2015: IMAJINASIA

2748
SHARE

Oleh : Rohman Sulistiono

Ajang apresiasi film Indonesia, Piala Maya, akan kembali diselenggarakan di penghujung tahun 2015 untuk yang keempat kalinya. Sejak gelaran pertama pada tahun 2012, Piala Maya bisa dikatakan sukses memberikan alternatif dan warna baru dalam penganugerahan kepada insan perfilman Indonesia. Berawal dari dunia maya melalui akun twitter @Film_Indonesia, Piala Maya mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam apresiasi terhadap film nasional.

Gelaran Piala Maya 2015 resmi dibuka pada sabtu, 29 Agustus 2015 di SAE Institute Pejaten. Dengan mengusung tema “Imajinasia”, Piala Maya 2015 mencoba mengangkat imajinasi-imajinasi masa kanak-kanak yang kelak akan mempengaruhi masa depan manusia dalam bentuk Cinta, Cita, Cipta. Imajinasi juga merupakan titik awal dari terbentuknya ide-ide brilian yang nantinya akan diterapkan secara audio-visual dalam format film.

Tak berbeda jauh dengan penyelanggaraan sebelumnya, Piala Maya 2015 tetap melibatkan komite pemilih independen yang rencananya berjumlah 350 orang dimana mereka yang akan memilih para pemenang Piala Maya 2015. Komite pemilih tidak hanya orang-orang yang berasal dari dunia perfilman namun melibatkan berbagai kalangan profesi dan tingkatan usia yang memiliki semangat yang sama yaitu demi kemajuan perfilman Indonesia. Hal ini juga sebagai upaya bahwa Piala Maya ingin setiap pemenangnya dipilih oleh mereka yang mewakili banyak lapisan masyarakat dan memang layak sebagai pemenangnya.

Film-film yang akan diseleksi oleh Piala Maya 2015, merupakan film Indonesia yang rilis di bioskop atau melakukan pemutaran khusus dalam periode 1 Desember 2014 hingga 30 November 2015. Pengumuman nominasi Piala Maya 2015 akan diumumkan pada 1 Desember 2015 dan proses voting oleh komite pemilih independen untuk memilih pemenang dilaksanakan pada 15 November 2015 hingga 15 Desember 2015. Pada Piala Maya 2015 ada 26 kategori yang akan di pilih oleh komite pemilih. Adapun yang menjadi ciri khas dari Piala Maya adalah adanya beberapa kategori yang bisa dianggap tidak biasa di ajang penghargaan film lainnya seperti desain poster, tata rias wajah dan rambut, dan sebagainya.

Selain dengan pemberian penghargaan untuk 26 kategori terbaik, dalam gelaran Piala Maya 2015 ini juga akan mengadakan Kompetisi untuk umum. Kompetisi diadakan untuk lima kategori lomba, yaitu kompetisi film pendek , film pendek animasi, film dokumenter, film daerah, serta penulisan kritik film. Open Submissions dibuka mulai 29 Agustus hingga 10 November 2015. Selain membuka kategori umum, Piala Maya punya rangkaian acara lain seperti acara Pekan Film dan Piala Maya Goes to School & Campus.

Malam puncak Piala Maya 2015 direncanakan akan diselenggarakan pada 19 Desember 2015. Penyelenggara Piala Maya berharap melalui acara ini dapat menambah wadah dan sarana dalam mengapresiasi film nasional serta memberikan tambahan publikasi pada pencapaian film Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY