Rilis Album, Soukma Angkat Lagu Daerah

Rilis Album, Soukma Angkat Lagu Daerah

2909
SHARE

Satu lagi soloist Jazz dengan karakter suara yang sangat khas meluncurkan karya album yang berisikan lagu-lagu ciptaan sendiri dan lagu-lagu daerah yang cukup dikenal. Gabungan antara suara yang sarat dengan bunyi-bunyian khas instrumen tradisional dan alat musik modern, menciptakan alunan jazz yang harmonis mengikuti lirik-lirik yang dinamis, dilantunkan oleh suara khas penyanyinya.

Sukmowati Dewi S, atau yang dikenal dengan nama Soukma, merilis “self titled debut album”, yang di bantu oleh Indrohardjodikoro sebagai arranger yang mengemas album Jazz ini secara apik. Acara peluncuran album tersebut diadakan senin, 31 Agustus 2015 di Kemang, Jakarta.

Beberapa lagu daerah favorit seperti “Janger” dari Bali, “Cublak Cublak Suweng” dari Jawa dan lagu “Desaku” yang mengingatkan pada masa kecil, dimainkan secara indah. Ada pula lagu orisinil “Detak Jantungku”, yang juga diartikan ke Bahasa Inggris dengan judul “You Took My Heart“, ciptaan Indrohardjodikoro dan Soukma yang menggabungkan unsur tradisional dan modern yang menceritakan tentang kehidupan.

Menyanyi, bermain musik dan menari sejak belia, Soukma memulai karirnya dengan mengikuti berbagai macam festival musik. Soloist ini memulai karier bermusiknya ketika bergabung dengan band anak-anak pada tahun 1988 di Semarang, Jawa Tengah. Artis yang lahir di Surakarta pada tanggal 15-02-1977 ini, semakin  memantapkan posisinya sebagai vokalis putri yang berbakat sejak menginjak usia remaja dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan bergensi di ajang festival menyanyi Nasional.

Soukma2Pada tahun 1994, Soukma memutuskan untuk pindah ke Jakarta dan memulai karir menyanyi secara profesional. Soukma telah bergabung dengan berbagai band ternama, manggung dari cafe ke cafe, tempat hiburan, hotel berbintang di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Kecintaannya pada musik Jazz dan Blues, yang akhirnya menjadi pilihannya, membuatnya mengikuti festival-festival Blues dan Jazz di Indonesia dan panggung internasional.

Bertemu dengan para musisi senior Indonesia yang tidak bisa disebutkan satu persatu, ataupun musisi International yang memberikan saran serta dukungannya, bagi Soukma adalah faktor yang sangat penting yang telah membantunya untuk terus berkembang menjadi musisi yang diperhitungkan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY