X-CODE FILMS: Di Antara Prestasi Lokal & Internasional

X-CODE FILMS: Di Antara Prestasi Lokal & Internasional

2192
SHARE

X-CODE films merupakan sebuah rumah produksi yang bergerak dibidang Audio-Visual, Advertising, dan Multimedia. Rumah produksi ini memiliki tim kreatif yang didukung oleh pembuat film, kreator, seniman video, dan para kru yang berpengalaman di bidang multimedia. Bermetamorfosis dari Digital One (D-1) Production yang berdiri tahun 2003, maka  22 Juni 2005 menjadi momentum berdirinya X-CODE films.  Berangkat dari lima orang pekerja multimedia, kini X-CODE films telah banyak berkarya.

Hingga saat ini banyak sekali karya film, TV Program, Video Clip, Iklan TV,  dan sebagainya yang telah mereka kerjakan.  Bersama USAID-LGSP mereka memproduksi Film TV ‘Lubang Tak Berujung’, selain itu sebuah Dokudrama berjudul ‘Tetes Embun Harapan’, Features Film berjudul ‘Tunggu Aku di Taman Cinta’, ‘Hati Ke Hati’, Tidak hanya fiksi, X Code Films juga telah memroduksi sederet Film dokumenter.

Menurut owner X-Code Films Viko Amanda, budaya menonton sudah menjadi budaya bangsa kita sejak ratusan tahun silam. “Sebut saja ketoprak, wayang kulit, ludruk dan banyak lagi.  Medium tersebut terbukti sukses menjadi media penyampaian pesan yang efektif kepada masyarakat luas, karena hal ini lah, kami percaya untuk membuat sebuah Rumah Produksi” ujar Viko yang kerap freelance sebagai team produksi baik menjadi Line Producer, Production Manager, Production Coordinator baik di film nasional, maupun Internasional.

Di kancah internasional, Viko juga terlibat di film ‘Point Break’, ‘Amphibious 3D’, ‘Eat, Pray, Love’, ‘Serangoon Road’, ‘Java Heat’, dan yang terbaru adalah ‘Cyber’ sebuah film yang dimainkan oleh Chris Hemsworth (Thor / Avenger) dan disutradarai  oleh Michael Mann, sutradara Hollywood yang sebelumnya membuat film ‘Hancock’, ‘Miami Vice’, ‘Colateral’, ‘Public Enemies’, ‘The Last Mohicans,’ dan lainnya.

Menanggapi penghargaan Lifetime Achievement Award untuk Toniblank Show di IDEAFEST 2013, Viko mengatakan bahwa walau tanpa award apapun, Toni Blank sudah menjadi keluarga besar X Code films. “Kami dan Toni sudah hidup seatap di markas X Code Films sejak empat tahun belakangan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa semoga Toniblank Show bisa menginspirasi kreator lainnya, bahwa berkarya tidak usah langsung yang muluk-muluk, tetapi mulailah dari lingkungan terdekat kita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY