TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-32 DIBUKA DENGAN SEMANGAT MEMASUKI ERA BARU SINEMA...

TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-32 DIBUKA DENGAN SEMANGAT MEMASUKI ERA BARU SINEMA JEPANG

38
SHARE
©2019 TIFF


Tokyo, 28 Oktober 2019 – Tokyo International Film Festival (TIFF) ke-32 kembali dibuka dengan kemeriahan karpet merah yang dihadiri aktris-aktris internasional. Ada nama-nama internasional seperti Zhang Ziyi yang tahun ini menjadi ketua juri kompetisi internasional, Aaron Kwok hingga Alicia Vikander di antara tamu-tamu spesial tahun ini, sementara dari Indonesia, ada Joko Anwar dan Oka Antara yang masing-masing membawa film mereka, A Mother’s Love, Antologi Folklore produksi HBO Asia dan Foxtrot Six.

©2019 TIFF
 

Gelaran karpet merah itu dibuka dengan penampilan muse festival Alice Hirose, yang tahun lalu muncul dalam dua film di TIFF; The Gun dan The Travelling Cat Chronicles. Dipandu MC Shinsuke Kasai, 181 film yang menjadi line up TIFF edisi ke-32 tahun ini menghadirkan perwakilannya. Dari Jepang sendiri, ada aktor legendaris Koji Yakusho yang tahun lalu menjadi fokus segmen Actor in Focus dan tahun ini membawa film terbarunya, Wings Over Everest.

©2019 TIFF

Muncul bersama lawan mainnya, aktor Jepang Naoki Kobayashi, aktris asal Swedia Alicia Vikander hadir mempresentasikan film produksi orisinal Netflix, Earthquake Bird yang disyut di Jepang dan didukung PH Scott Free milik Ridley Scott. Earthquake Bird akan menjadi salah satu film yang ditayangkan di segmen Special Screening mendahului premiere Netflix-nya.

Mewakili segmen animasi, ada sutradara Ayumu Watanabe (Children of the Sea), Sunao Katabuchi (In This Corner of the World) dan Fuminori Kizaki (Human Lost). Namun yang menyita perhatian tahun ini adalah tiga monster Ultra Q yang tahun ini ditayangkan dalam format 4K; Kemur, Garamon dan Kanegon.

©2019 TIFF

Tak ketinggalan juga, aktor-aktor terkenal Jepang seperti Takeru Sato, Ryohei Suzuki dan Ambassador TIFF tahun lalu – Mayu Matsuoka bersama sutradara Kazuya Shiraishi dari film One Night yang akan ditayangkan di segmen Special Screening, Kazuki Kitamura dari Killers dan Kiko Mizuhara (No Smoking), dan banyak lagi.

Sutradara legendaris – veteran Nobuhiko Obayashi yang tahun ini datang untuk menerima penghargaan Lifetime Achievement Award hadir bersama istri sekaligus produsernya – Kyoko Obayashi dan bintang-bintang dari film terbarunya, Labyrinth of Cinema; Takako Tokiwa, Hirona Yamazaki, Takuro Atsuki dan Takahito Hosoyamada.

©2019 TIFF

Sementara aktor Asia terkenal Aaron Kwok dan Miriam Yeung hadir mempresentasikan film mereka di segmen kompetisi Asian Future; I’m Livin’ It, dan dari film pembuka TIFF tahun ini yang disematkan ke film Jepang Tora-san, Wish  You Were Here berdasarkan karakter ikonik sinemanya, ada sutradara Yoji Yamada bersama aktor-aktor Tora-san; Chieko Baisho, Hidetaka Yoshioka, Kumiko Goto, Gin Maeda, Mari Natsuki dan Rurio Asaoka.

Turut dihadiri oleh Menteri Pendudukan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi Koici Hagiuda dan Menteri Khusus Strategi ‘Cool Japan’ Naokazu Takemoto serta Chairman TIFF Hiroyasu Ando, TIFF ke-32 dibuka dengan semangat membawa sinema mereka memasuki era baru Reiwa yang dimulai sejak 1 Mei tahun ini, seperti juga dialamatkan oleh Festival Director TIFF, Takeo Hisamatsu di orasi singkatnya.

“Saya senang sekali TIFF tetap dipenuhi oleh talenta-talenta dari berbagai belahan dunia di tengah fokus penyelenggaraan Rugby World Cup, penobatan Kaisar baru dan Tokyo Olympic & Paralympic yang akan diselenggarakan tahun depan sebagai salah satu event dunia terbesar. Bersamanya, kami akan berusaha menciptakan program-program baru untuk mengajak semua orang menemukan kembali daya tarik sinema Jepang sebagai salah satu warisan budaya terbesarnya”, ujar Takeo.

Takeo Hisamatsu juga menambahkan catatan personal bahwa ia baru saja mendapatkan cucu pertamanya tahun ini, dan berharap ia bisa menyambut masa depan dunia yang tetap cerah bersama kekuatan sinema yang dianggapnya bisa berperan dalam menyatukan dunia dan mendorong rasa saling pengertian di antara manusia.

©2019 TIFF

Tampil untuk menutup gelaran karpet merah di pembuka TIFF adalah anggota juri kompetisi internasional; produser Bill Gerber, aktor/produser Julie Gayet, sutradara Michael Noer, sutradara Ryuichi Hiroiki sebagai perwakilan Jepang dan Jury President yang ditunggu-tunggu; aktris internasional Zhang Ziyi.

Menyampaikan sambutannya dalam bahasa China dan Inggris, Ziyi mengatakan “Saya bangga berdiri di sini sebagai ketua/presiden juri TIFF ke-32. Melalui tahun demi tahun, festival berkelas dunia ini dengan konsisten memperkenalkan talenta-talenta baru dan menyegarkan kepada penonton dunia. Bersama rekan-rekan juri tahun ini saya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami dan sangat menantikan untuk menyaksikan keseluruhan 14 film kompetisi TIFF tahun ini”.

Sama seperti Takeo Hisamatsu, Zhang Ziyi juga menyampaikan hal personal yang spesial baginya yang tengah menjalani masa kehamilan 30 minggu. Ia mengatakan bahwa pengalaman ini juga akan menjadi pre-edukasi film bagi bayi yang sedang dikandungnya.

Tokyo International Film Festival akan berlangsung dari 28 Oktober hingga 5 November mendatang di venue utama Roppongi Hills dan lokasi-lokasi keramaian lain di Tokyo, ditutup dengan film unggulan produksi Netflix The Irishman karya Martin Scorsese yang dibintangi Robert De Niro, Al Pacino, Joe Pesci dan Harvey Keitel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY