While In Camberwell : Endah N Rhesa Dan Harta Karun Dari Australia

While In Camberwell : Endah N Rhesa Dan Harta Karun Dari Australia

70
SHARE

Endah N Rhesa, duo musisi suami-istri dari Pamulang (Tangerang Selatan) membuka awal tahun 2023 dengan merilis single “While in Camberwell”. Lagu ini merupakan bentuk nostalgia Endah N Rhesa saat berkunjung ke salah satu lokasi sub-urban di Melbourne, Australia, pada tahun 2019 silam. Lagu ini diibaratkan ‘harta karun’ karena digarap berdasarkan sketsa lagu gitar dan vokal Endah yang direkam melalui voice note handphone. Rekaman suara gitar dan vokal Endah dibuat di kamar hotel begitu usai jalan-jalan di Camberwell.

“Untung rekaman dasar lagu ini masih ada dan ternyata penting sekali merekam ide, memori, emosi, dan rasa melalui berbagai media yang ada. Kadang-kadang momentum untuk mengeksekusi lagu secara utuh perlu waktu dan tenaga. Jadi buat saya, menemukan, menggarap, dan merilis lagu ini seperti menemukan harta karun yang berharga.”, ujar Endah. “Sebenarnya saya iseng-iseng menggarap aransemen lagu ini sebagai hadiah pernikahan untuk Endah di bulan Desember lalu. Saya tahu dia suka lagunya, namun kita belum pernah benar-benar membahasnya. Jadi ia sangat terharu begitu mendengarkan hasilnya dan kemudian memutuskan untuk merilisnya di awal tahun.”, ujar Rhesa, pemain bass sekaligus produser Endah N Rhesa. 

Jika menyimak lagu “While in Camberwell”, musiknya diaransemen dengan instrumentasi yang jarang digunakan Endah N Rhesa pada rilisan mereka sebelumnya. Jika biasanya Endah N Rhesa identik dengan gitar akustik dan bass elektrik, kali ini mereka menghadirkan dengan bunyi dominan string section yang lebih grande. Liriknya secara eksplisit bercerita tentang suasana pasar kaget yang dilakukan setiap Minggu pagi hingga siang hari di distrik tersebut. 

“Beautiful neighbors watching them congregate

At Sunday Market they all gather to trade

Smile at each other and have a nice day

They say enjoy your time while in Camberwell”

Sunday Market di Camberwell adalah kegiatan komunitas yang cukup populer dan memiliki sejarah panjang sejak tahun 1976 hingga sekarang. Banyak cerita menarik di Sunday Market Camberwell, contohnya seperti kisah seorang kolektor yang membeli lukisan antik dengan harga murah namun belakangan diketahui bernilai cukup fantastis hingga kisah romansa pertemuan dua sejoli yang berdagang bersama sampai akhirnya jatuh cinta dan menikah di sana. Sunday Market Camberwell sangat menyambut hangat para musisi dengan apresiasi tinggi. Bahkan seorang permain saksofon yang langganan bermain di sana selama 20 tahun lamanya dibuatkan plakat khusus untuk menghargai kontribusinya. Semua ini merupakan kekuatan komunal yang menjadi daya tarik Camberwell sehingga memberikan inspirasi Endah N Rhesa untuk melahirkan karya baru. Tentu saja lagu ini dirilis untuk mengobati kerinduan Endah N Rhesa terhadap Camberwell dan pendengar Endah N Rhesa yang menantikan karya baru mereka.

Hari Senin (16/01), lagu “While in Camberwell” dapat dinikmati di platform streaming musik digital. Begitu pula video musik yang menggambarkan suasana Sunday Market Camberwell juga bisa disaksikan di youtube Endah N Rhesa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY